Abstract :
E-lapor merupakan aplikasi dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) DIY yang bertujuan untuk menampung aspirasi masyarakat guna menyampaikan laporan terkait permasalahan publik yang terjadi di wilayah DIY, dan merupakan upaya meningkatkan kualitas dalam pelayanan masyarakat oleh Pemerintah dengan mekanisme bottom-up. dengan Tujuan untuk mengetahui efektivitas ?E-lapor? pada Pelayanan Publik wilayah Yogyakarta. Penelitian ini berlandaskan atas kajian efektivitas, dengan menggunakan metode Penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik kajian pustaka dan sumber analisis data yang didapatkan dari dokumen yang ada di dalam website E-lapor. Pelayanan publik di kota Yogyakarta bisa diakses melalui Website E-lapor dan sudah terintegrasi dengan lebih dari 300 SKPD / OPD terkait sehingga dapat digunakan oleh masyarakat dengan efektif dan efisien. namun dalam pelaksanaannya Website E-lapor belum bisa memaksimalkan dalam proses operasional website dan belum efektif dalam pengorasiannya dan terbatas, masyarakat belum seluruhnya tau tentang adanya Website, namun dari segi pelayanan aduan sudah maximal dan bisa diandalkan oleh masyarakat dalam menyalurkan aduan.