DETAIL DOCUMENT
Implementasi Pendidikan Karakter dalam Upaya Pencarian Konsep Diri Peserta Didik Kelas VII di MTs Negeri 2 Banjarnegara
Total View This Week0
Institusion
Universitas Terbuka
Author
SOBARUDIN
Subject
70 Sosiologi Sl 
Datestamp
2023-12-11 09:02:17 
Abstract :
Sekolah Menengah Pertama (SMP) merupakan salah satu tingkat pendidikan formal pada jenjang pendidikan menengah pertama. Pada jenjang SMP atau MTs ini peserta didik termasuk ke dalam tahap perkembangan masa remaja. Pada masa remaja, setiap individu pasti tidak akan lepas dengan apa yang namanya konsep diri. Selain itu pendidikan merupakan faktor utama dalam pembentukan pribadi manusia. Hampir setiap individu mendapatkan Pendidikan. Implementasi pendidikan karakter di satuan tingkat pendidikan saat ini masih perlu di tingkatkan, karena sikap dan perilaku peserta didik belum mencerminkan pengamalan pendidikan karakter. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui implementasi Pendidikan karakter pada peserta didik beserta pengaruhnya. 2) untuk mengetahui konsep diri peserta didik dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya. 3) Untuk mengetahui upaya pencarian konsep diri peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data yang menggunakan teknik observasi dan wawancara. Hasil yang di temukan dalam penelitian ini yaitu, konsep diri yang dimiliki oleh peserta didik di MTs N 2 Banjarnegara tergolong ke konsep diri positif. Hal tersebut dipengaruhi oleh Pendidikan karakter yang diterapkan dalam pembelajaran di sekolah mendorong peserta didik untuk membangun konsep diri yang positif. 

Institution Info

Universitas Terbuka