Abstract :
Rendahnya tingkat kemampuan belajar siswa pada penggunaan huruf kapital pada teks deskripsi , ini menjadi sebuah masalah pada pelajaran bahasa indonesia di kelas VII di SMP N I Tandun. Pada penelitian ini yang digunakan adalah pembelajaran model kooperatif . Dimana kooperatif ini merupakan salah satu model pembelajaran yang sangat banyak digunakan di dalam sebuah penelitian. Disini siswa akan di bagi menjadi beberapa kelompok . Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar dalam mata pelajaran bahasa indonesia mengenai materi penulisan huruf kapital dengan menggunakan metode diskusi .Subjek pada penelitian ini merupakan siswa kelas VII a yang berjumlah 30 orang. Dan pada penelitian ini tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus. Dan pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan metode test.. Data mengenai hasil penelitian yang berhubungan dengan materi penulisan huruf kapital pada teks deskripsi adalah secara kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan media diskusi dapat meningkatkan hasil belajar pada pelajaran bahasa indonesia dalam materi penggunaan huruf kapital di kelas VII a , dimana pada kondisi awal hasil sebelum diberikan tindakan, nilai rata-rata siswa di kelas VII a adalah 59,66 .Dan pada penelitian tindakan kelas siklus I dengan menggunakan media diskusi terdapat peningkatan hasil belajar dengan nilai rata-rata kelas menjadi 6733 .Dan pada penelitian tindakan keas siklus II sudah menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa di kelas VII a dengan rata-rata nilai yang diperoleh adalah 75,00.