Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Personal Selling terhadap
Keputusan Pembelian PT Universal Technical Service, mengetahui pengaruh
Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian PT Universal Technical
Service, serta mengetahui Pengaruh Personal Selling dan Perilaku Konsumen
terhadap Keputusan Pembelian PT Universal Technical Service.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan instrumen
kuisioner dilakukan dengan populasi sebanyak 57 orang konsumen tetap,
penentuan sampel menggunakan sampel jenuh sehingga sampel penelitian
sebanyak. 57 orang.
Hasil penelitian diperoleh Nilai koefisien thitung variabel Personal Selling
adalah 3,023 dan nilai ttabel sebesar 2,003 maka nilai thitung > ttabel (3,023 >
1,673) dengan nilai sig < 0,05 (0,004 < 0,05), Nilai koefisien thitung variabel
Perilaku Konsumen adalah 2,213 dan nilai ttabel sebesar 2,003 maka nilai
thitung > ttabel (2,213 > 2,003) dengan nilai sig < 0,05 (0,031 < 0,05). Selanjutnya
nilai Fhitung variabel Personal Selling dan Perilaku Konsumen adalah 9,605 dan
nilai Ftabel adalah 2,769 maka Fhitung > Ftabel (9,605 > 2,769) dengan nilai sig <
0,05 (0,000 < 0,05). Nilai RSquare yaitu 0,659 atau R2
x 100% sebesar 65,90%,
artinya variabel bebas penelitian memberikan sumbangsih besar dalam
menjelaskan tentang Keputusan Pembelian sebesar 65,90% sedangkan sisanya
34,10% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Kesimpulan penelitian adalah
Personal Selling berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada
PT Universal Technical Service, Perilaku Konsumen berpengaruh signifikan
terhadap Keputusan Pembelian pada PT Universal Technical Service Medan
serta secara simultan Personal Selling dan Perilaku Konsumen secara serentak
berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian pada PT Universal
Technical Service