Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara citra
merek dan promosi dengan loyalitas konsumen produk Scarlett Whitening. Penelitian ini berlokasi di Jalan Soekarno Lorong II Pasar Lahewa, Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utara.
Populasi dalam penelitian ini tidak diketahui, oleh karena itu, peneliti
menggunakan rumus Lemeshow dalam pengambilan sampel dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik purposive sampling karena tidak semua sampel memiliki kriteria sesuai dengan yang telah penulis tentukan. Teknik analisis data
yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini adalah, variabel citra merek (X1) mempunyai thitung (2.042) > ttabel (1.984) dan signifikansi (0,001) < 0,05. Dengan demikian variabel citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen produk Scarlett Whitening. Variabel promosi (X2) mempunyai thitung (3.667) > ttabel (1.984) dan signifikansi (0,001) < 0,05. Dengan demikian variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen produk Scarlett Whitening citra merek (X1) dan promosi (X2) berpengaruh terhadap loyalitas dilihat dari, Fhitung (24.478) > Ftabel (3,09) dan signifikansi (0,000) < a (0,05). Artinya, secara serempak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen produk Scarlett Whitening. Rsquare menunjukkan variabel bebas 33.5%, sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.