Abstract :
ABSTRAK
Amelia, Ani Safitri, 2021. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan
Tingkat Kepuasan Pengunjung Di Puskesmas Karangbinangun Selama
pandemi Covid-19. Skripsi Prodi S1 Keperawatan, Universitas Muhammadiyah
Lamongan, Pembimbing : (1) Suratmi, S.Kep.,Ns.,M.Kep (2) H. M.Bakri
Priyodwi A, S.Kp.,M.Kep
Kepuasan pengunjung puskesmas dapat dilihat dari Mutu pelayanan
kesehatan yang diterima sesuai dengan harapan dan kinerja, namun masih ada
beberapa permasalahan yang menimbulkan ketidakpuasan bagi pengunjung
puskesmas. Tercapainya kepuasan pengunjung puskesmas dapat dipengaruhi oleh
beberapa faktor, diantaranya produk pelayanan kesehatan, biaya, kenyamanan,
dan terutama kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan. Tujuan penelitian ini
untuk mengetahui hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Tingkat kepuasan
pengunjung di puskesmas karangbinangun selama pandemi Covid-19.
Desain penelitian menggunakan metode analitik korelasional dengan
pendekatan cross sectional. Sampel diambil dengan teknik simple rondom
sampling yaitu sebanyak 60 responden. Data dikumpulkan dari responden
menggunakan lembar kuesioner, selanjutnya di uji dengan menggunakan uji
Spearman Rho.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengunjung yang berpendapat mutu
pelayanan kesehatan di puskesmas baik 91,7%, sebagaian menyatakan mutu
pelayanan cukup baik 8,3%. uji statistik Spearman Rho dengan kemaknaan p :
0,01 artinya signifikansi (p) dibawah atau sama dengan 0,05 maka H1 diterima
dan HO ditolak. hasil nilai signifikansi yaitu 0,000, karena nilai Asym. Sig (2tailed)
<
0,05,
maka
H0
ditolak
dan
H1
diterima
yang
artinya
ada
hubungan
mutu
pelayanan
kesehatan dengan tingkat kepuasan pengunjung di puskesmas
karangbinangun.
Berdasarkan hasil tersebut diharapkan pelayanan kesehatan dapat
melakukan evaluasi untuk memperbaiki mutu pelayanan dari kelima dimensi mutu
pelayanan kesehatan sehingga dapat meningkatkan kepuasan pengunjung.
Kata kunci : Mutu pelayanan kesehatan, kepuasan Pengunjung