DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PENGUNJUNG DI PUSKESMAS KARANGBINANGUN SELAMA PANDEMI COVID-19
Total View This Week10
Institusion
Universitas Muhammadiyah Lamongan
Author
ANI, SAFITRI AMELIA
Subject
RT Nursing 
Datestamp
2021-09-24 03:05:38 
Abstract :
ABSTRAK Amelia, Ani Safitri, 2021. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pengunjung Di Puskesmas Karangbinangun Selama pandemi Covid-19. Skripsi Prodi S1 Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Lamongan, Pembimbing : (1) Suratmi, S.Kep.,Ns.,M.Kep (2) H. M.Bakri Priyodwi A, S.Kp.,M.Kep Kepuasan pengunjung puskesmas dapat dilihat dari Mutu pelayanan kesehatan yang diterima sesuai dengan harapan dan kinerja, namun masih ada beberapa permasalahan yang menimbulkan ketidakpuasan bagi pengunjung puskesmas. Tercapainya kepuasan pengunjung puskesmas dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya produk pelayanan kesehatan, biaya, kenyamanan, dan terutama kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Tingkat kepuasan pengunjung di puskesmas karangbinangun selama pandemi Covid-19. Desain penelitian menggunakan metode analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel diambil dengan teknik simple rondom sampling yaitu sebanyak 60 responden. Data dikumpulkan dari responden menggunakan lembar kuesioner, selanjutnya di uji dengan menggunakan uji Spearman Rho. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengunjung yang berpendapat mutu pelayanan kesehatan di puskesmas baik 91,7%, sebagaian menyatakan mutu pelayanan cukup baik 8,3%. uji statistik Spearman Rho dengan kemaknaan p : 0,01 artinya signifikansi (p) dibawah atau sama dengan 0,05 maka H1 diterima dan HO ditolak. hasil nilai signifikansi yaitu 0,000, karena nilai Asym. Sig (2tailed) < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya ada hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pengunjung di puskesmas karangbinangun. Berdasarkan hasil tersebut diharapkan pelayanan kesehatan dapat melakukan evaluasi untuk memperbaiki mutu pelayanan dari kelima dimensi mutu pelayanan kesehatan sehingga dapat meningkatkan kepuasan pengunjung. Kata kunci : Mutu pelayanan kesehatan, kepuasan Pengunjung 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Lamongan