Institusion
Universitas Muhammadiyah Lamongan
Author
RORO AYU, PRAMAYASTI SUKMA
Subject
RT Nursing
Datestamp
2021-10-14 07:49:35
Abstract :
ABSTRAK
Sukma, Roro Ayu Pramayasti. 2021. Pengaruh Metode Austick (Audio Visual
& Talking Stick) Terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa Tentang
Pertolongan Pertama Syncope di SMA Muhammadiyah Sukodadi
Lamongan. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Lamongan.
Pembimbing (1) Ns. Nur Hidayati, M.Kep. (2) Ns. Suratmi., M.Kep.
Syncope merupakan suatu keadaan yang sering kita jumpai dalam kehidupan
sehari-hari, terutama di sekolah. Pengetahuan yang kurang dalam melakukan
pertolongan pertama syncope dapat menyebabkan terjadinya keterlambatan dalam
melakukan pertolongan dan mungkin bisa mengakibatkan adanya kesalahan
dalam melakukan penanganan pertama. Metode austick merupakan penggabungan
dari audio visual dan talking stick yang bertujuan untuk melatih siswa dalam
berpendapat sehingga suasana kelas terlihat lebih hidup dan tidak monoton Tujuan
penelitian untuk mengetahui Pengaruh Metode Austick (Audio Visual & Talking
Stick) Terhadap Tingkat Pengetahuan Pertolongan Pertama Syncope Pada Siswa
di SMA Muhammadiyah 8 Sukodadi Lamongan.
Desain penelitian ini menggunakan metode Pre Eksperimental One Group
Pretest-Posttest design pada 53 siswa, yang diambil secara cluster random
sampling. Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 8 Sukodadi pada
April 2021. Intervensi yang diberikan berupa pemutaran video edukasi tentang
pertolongan pertama syncope dan talking stick dalam kelompok kecil. Data
penelitian diambil melalui kuesioner, kemudian dianalisis menggunakan uji
Wilcoxon.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pengetahuan
siswa tentang pertolongan pertama syncope di SMA Muhammadiyah 8 Sukodadi
sebelum dan sesudah diberikan metode austick tentang pertolongan pertama
syncope (p=0,001).
Metode Austick terbukti lebih efektif untuk meningkatkan pengetahuan
dibandingkan hanya memberikan audio visual saja atau talking stick saja.
Metode austick dapat dijadikan sebagai pertimbangan metode pemberian edukasi
pada pasien atau metode pembelajaran di sekolah. Selain itu, peneliti
merekomendasikan peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian lanjutan
dengan menambah jumlah sampel dan kelompok kontrol.
Kata Kunci : Metode Audio Visual & Talking Stick, Pengetahuan Siswa Syncope