Abstract :
ABSTRAK
Satria Budi Pramana, 2021, Pengaruh metode self directed learning terhadap
pengetahuan senam nifas di Ruang Melati RSUD dr. Soegiri
Lamongan. Skripsi Program Studi S1 Keperawatan Universitas
Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing (1) Heny Ekawati,
S.Kep.,Ns.,M.Kes (2) Lilis Maghfuroh, S.Kep.Ns., M.Kes.
Pengetahuan yang rendah pada ibu post partum tentang senam nifas sering kali
menyebabkan masalah kesehatan pada ibu nifas. Tujuan penelitian ini adalah
mengetahui pengaruh metode self directed learning terhadap pengetahuan senam
nifas di Ruang Melati RSUD dr. Soegiri Lamongan.
Desain pada penelitian ini adalah Pre-Eksperimental desain dengan pendekan One
Grup Pretest-Posttest Desain, populasi pada penelitian ini adalah semua ibu nifas
di Ruang Melati RSUD dr. Soegiri Lamongan sebanyak 30 pasien. Metode
sampling yang digunakan adalah tehnik Total sampling, instrumen menggunakan
kuesioner, dilakukan Uji Wilcoxon.
Hasil dari penelitian ini adalah sebagian besar responden memiliki pengetahuan
kurang sebelum penerapan metode self directed learning yaitu 60%, sebagian
responden memiliki pengetahuan baik sesudah penerapan metode self directed
learning yaitu 50%. Hasil Uji Wilcoxon Z = - 4,816 dan p = 0,000 maka H1
diterima artinya terdapat pengaruh metode self directed learning terhadap
pengetahuan senam nifas di Ruang Melati RSUD dr. Soegiri Lamongan.
Sehingga dapat disimpulkan pengaruh metode self directed learning terhadap
pengetahuan senam nifas. Pada penelitian ini ditujukan pada pihak Rumah Sakit
meningkatkan mutu pelayanan dengan penyediaan fasilitas pelayanan yang
mendukung program KIE.
Kata Kunci : Pengetahuan, Senam Nifas, Self Directed Learning