Abstract :
ABSTRAK
Nisa, Shelly Dwi Choirun. 2021. Hubungan Pengetahuan Tentang
Pembelajaran Daring dengan Motivasi Belajar di Masa Pandemi
Mahasiswa Keperawatan Semester VII di Universitas
Muhammadiyah Lamongan. Skripsi Program Studi S1 Keperawatan
Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Lamongan
Pembimbing (1) Arifal Aris, S.Kep., Ns., M.Kes (2) Suhariyati, S.Kep.,
Ns., M.Kep.
Pandemi COVID-19 merupakan krisis kesehatan yang terjadi di seluruh dunia,
berbagai sektor terdampak akan adanya pandemi ini termasuk sektor pendidikan
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Pengetahuan
Tentang Pembelajaran Daring dengan Motivasi Belajar di Masa Pandemi
Mahasiswa Keperawatan Semester VII di Universitas Muhammadiyah Lamongan.
Penelitian ini menggunakan desain analitik korelasional dengan teknik total
sampling didapatkan 111 responden. Data ini diambil dari questioner tertutup
Setelah ditabulasi data yang ada dianalisa dengan menggunakan uji spearmen rank
dengan tingkat kemaknaan 0,05.
Hasil Penelitian ini sebagian besar mempunyai tingkat pengetahuan cukup
sebanyak 6 mahasiswa (61,3%), dan hampir seluruhnya mahasiswa memiliki
motivasi belajar cukup yaitu sebanyak 84 mahasiswa (75,7%). Sedangkan dari uji
statistic didapatkan nilai p=0,048 (<0,05) artinya ada Hubungan Pengetahuan
Tentang Pembelajaran Daring dengan Motivasi Belajar di Masa Pandemi
Mahasiswa Keperawatan Semester VII di Universitas Muhammadiyah Lamongan.
Maka guna meningkatkan pengetahuan dan motivasi perlu adanya bimbingan dan
arahan lagi dari dosen agar mahasiswa dapat mempertahankan dan meningkatkan
kualitasnya, pandemic cepat berlalu dan perkuliahan dapat kembali efektif.
Kata Kunci : Tingkat pengetahuan, pembelajarn daring, motivasi belajar