DETAIL DOCUMENT
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP PENGETAHUAN REMAJA TENTANG PERTOLONGAN PERTAMA PADA SYNCOPE DI DESA PENGANGSALAN KALITENGAH LAMONGAN
Total View This Week9
Institusion
Universitas Muhammadiyah Lamongan
Author
NOFIYAN MAR‟ATUS, SHOLIHAH
Subject
RT Nursing 
Datestamp
2021-09-28 09:37:18 
Abstract :
ABSTRAK Sholihah, Nofiyan Mar’atus. 2016. Pengaruh Metode Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Pengetahuan Remaja Tentang Pertolongan Pertama Pada Syncope Di Desa Pengangsalan, Kalitengah, Lamongan. Skripsi Program Studi S1 Keperawatan STIKES Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing (1) Farida Juanita, S.Kep., Ns., M.Kep (2) Sulistyowati, S.ST., M.Kes Syncope merupakan kasus kegawatdaruratan yang dapat berisiko kematian mendadak jika tidak segera dilakukan pertolongan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh metode pembelajaran think pair share terhadap pengetahuan remaja tentang pertolongan pertama pada syncope. Desain penelitian ini menggunakan pra eksperimental one group pretest-posttest design, dengan teknik total sampling. Sampel berjumlah 30 responden remaja masjid Al-Muttaqin Desa Pengangsalan, Kalitengah, Lamongan. Pengambilan data dilakukan pada bulan Maret 2016 menggunakan kuesioner tertutup, dan dianalisis menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pretest sebagian besar pengetahuan remaja adalah kurang sebanyak 53,3% sedangkan posttest sebagian besar pengetahuan remaja adalah cukup sebanyak 60%. Didapatkan nilai Z= -4,134 dengan tingkat signifikan 0,000 (p<0,05) artinya ada pengaruh metode pembelajaran think pair share terhadap pengetahuan remaja tentang pertolongan pertama pada Syncope di Desa Pengangsalan, Kalitengah, Lamongan. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan remaja dapat menerapkan langkah-langkah pertolongan pertama pada syncope dengan benar sesuai yang sudah diajarkan. Kata kunci: Pengetahuan, Syncope, Think Pair Share 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Lamongan