Abstract :
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain
penelitian ?One-shot case study? dimana suatu kelas dikenakan suatu penerapan
model generative learning mengunakan LKPD berbasis model problem solving
Polya setelahi tu dilakukan pendeskripsian terhadap aktivitas guru, aktivitas
peserta didik, kemampuan analitis matematis peserta didik serta respon peserta
didik.
Subyek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII B SMP
Muhammadiyah 8 Benjeng tahun pelajaran 2018-2019. Instrumen penelitiannya
yang dipergunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi
aktivitas peserta didik, lembar angket respon peserta didik dan soal kemampuan
analitis matematis peserta didik.
Hasil-hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Aktifitas guru dalam penerapan model
generative learning menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis model problem
solving Polya termasuk kategori baik dalam skala 70 ? ? 85; (2) Aktifitas peserta didik dalam
penerapan model generative learning menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis
model problem solving Polya termasuk kategori baik dalam skala 70 ? ? 85; (3) Nilai kemampuan
analitis matematis peserta didik adalah 76,96 termasuk kategori Baik. Nilai indikator membedakan
adalah 76,28 termasuk kategori Baik, Nilai indikator mengorganisasi adalah 90,22 termasuk kategori
Sangat Baik dan Nilai indikator mengatribusikan adalah 72,39 termasuk kategori Baik; (4) Respon
peserta didik dalam penerapan model generative learning menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD) berbasis model problem solving Polya termasuk kriteria Baik untuk skala 70-100%.