Institusion
Universitas Negeri Makassar
Author
KHALEDAH QAWAID, SYEIKHAH
Subject
Pendidikan sendratasik
Datestamp
2024-11-05 07:51:48
Abstract :
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan 1). Mendeskripsikan
metode pembelajaran Seni Budaya (Materi Tari) dengan model kooperatif tipe
NHT pada siswa kelas XII UPT SMA Negeri 13 Pangkep. 2). Meningkatkan
aktivitas belajar Seni Budaya (Materi Tari) melalui pembelajaran kooperatif tipe
NHT pada siswa XII UPT SMA Negeri 13 Pangkep. Penelitian ini menggunakan
metode action reserch dengan menggunakan pendekatan kualitatif teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes tulis
dan wawancara. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XII MIPA Al-biruni yang
berjumlah 23 orang. Hasil penelitian, 1). Menunjukkan bahwa penerapan model
NHT efektif dalam merangsang partisipasi aktif siswa selama proses pembelajaran,
terlihat peningkatan yang signifikan dalam keterlibatan siswa dalam diskusi
kelompok, presentasi, serta kolaborasi antar siswa. Indikator keberhasilannya
mencapai nilai rata-rata KKM, baik pada aktivitas siswa maupun nilai hasil tes
belajar siswa. 2). Pada siklus I dan II yang peneliti lakukan melalui tes tulis secara
individu. Pada siklus I skor yang diperoleh adalah 1,375 dengan nilai rata-rata yang
didapatkan adalah 59,7 dengan tingkat presentase keberhasilan siswa 40% lalu pada
siklus II peneliti menemukan jumlah skor hasil belajar siswa yaitu 1,749 dengan
nilai rata-rata yaitu 76,1 dengan tingkat presentase keberhasilan meningkat menjadi
86%. Dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar pada pembelajaran seni budaya
khususnya materi tari, mengalami peningkatan setelah diterapkan model
pembelajaran NHT (Number Head Together) di kelas XII MIPA Al-biruni UPT
SMA Negeri 13 Pangkep.
Kata Kunci: Penerapan, Kooperatif NHT, Meningkatkan, Aktivitas belajar