Abstract :
Selama melaksanakan kerja profesi di PT. Radio Arief Rachman Hakim atau yang
biasa disebut dengan Global Radio Jakarta, praktikan bekerja dibawah
pengawasan serta bimbingan dari seorang Promotions. Praktikan berkesempatan
untuk terlibat langsung dalam berbagai kegiatan pada divisi ini, yang menjalankan
tugas dan fungsi sebagai Promotions, diantaranya adalah membuat Surat
Perjanjian Kerjasama beserta lampiran perjanjian kerjasama, bertemu dengan
klien untuk melakukan negosiasi, membuat press release, terlibat dalam acaraacara
yang diselenggarakan oleh Global Radio Jakarta serta menghadiri berbagai
acara untuk kebutuhan konten, mengecek logo sesuai perjanjian kerjasama
hingga membagikan tiket kepada pemenang kuis saat siaran. Dalam
melaksanakan kegiatan kerja profesi, praktikan mengetahui bahwa seorang
Promotions harus dapat menjalin hubungan yang baik dengan pihak eksternal dan
internal perusahaan. Untuk memenuhi kebutuhan kerjasama yang akan dilakukan
dibutuhkan jangkauan yang meluas serta hubungan yang baik dengan pihak-pihak
eksternal. Hal tersebut juga harus didukung dengan kemampuan seorang
Promotions dalam bernegosiasi serta berkomunikasi yang baik dengan pihak
eksternal untuk memperoleh keuntungan yang maksimal saat terjalin kerjasama.
Hubungan dengan berbagai pihak internal dari divisi lainnya juga perlu di jaga
dengan baik, karena seorang Promotions memiliki keterkaitan dengan mereka
dalam berbagai hal seperti konsep dan desain untuk media sosial, pembagian tiket
yang dilakukan oleh para produser dari hasil kerjasama dan harus bertukar pikiran
dengan beberapa pihak lainnya.
Kata kunci: proses perencanaan acara, event, perencanaan anggaran, riset,
komunitas, tempat acara