Abstract :
Tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan penelitian pengembangan ini
adalah: (1) menguraikan proses pengembangan video pembelajaran perubahan
wujud benda untuk pembelajaran IPA model ADDIE dan (2) menguji validitas
dari video pembelajaran perubahan wujud benda IPA yang dikembangkan. Jenis
penelitian ini adalah penelitan pengembangan dengan menggunakan model
ADDIE. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi.
Data dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa video pembelajaran perubahan wujud benda berhasil dikembangkan
mengikuti Model ADDIE yang mencakup lima langkah, yaitu: (1) analisis
(analyze), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), (4)
implementasi (implementation), dan (5) evaluasi (evaluation). Hasil validasi
terhadap produk video pembelajaran yang dikembangkan menunjukkan bahwa,
(1) skor validitas materi di video pembelajaran sebesar 87% berkualifikasi sangat
valid, (2) skor validitas media video pembelajaran sebesar 84,5% berkualifikasi
sangat valid, dan (3) skor validitas video pembelajaran oleh para praktisi sebesar
88,1% berkualifikasi sangat valid. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa
video pembelajaran perubahan wujud benda sangat layak untuk diterapkan dalam
pembelajaran IPA siswa kelas V SD.