DETAIL DOCUMENT
Evaluasi Hygiene dan Sanitasi, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen di Rumah Makan Lestari H. Shomad
Total View This Week0
Institusion
UNIVERSITAS MEDIKA SUHERMAN
Author
Iqlima Delia Roza (STUDENT ID : 030920024,030920019)
Khoirunnisa
Utami Putri Kinayungan
Subject
UMS.GIZI03.006 
Datestamp
2024-09-10 02:26:30 
Abstract :
Rumah makan saat ini tidak hanya berhadapan dengan persaingan tetapi berhadapan juga dengan konsumen yang keinginan dan kebutuhannya terpenuhi. Dalam usaha rumah makan kebersihan serta kualitas pelayanan termasuk faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini dilakukan di Rumah Makan Lestari H.Shomad. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berkunjung ke Rumah Makan Lestari H. Shomad. Instrumen penelitian ini dilakukan dengan sampel 100 responden yang diberikan kuesioner berisi 15 pertanyaan dari indikator kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen, sedangkan Hygiene Sanitasi dilakukan dengan wawancara menggunakan lembar observasi. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan desain cross sectional dan cara pengambilan sampel dengan metode sampling incidental/ Accidental sampling. Berdasarkan hasil observasi hygiene sanitasi didapatkan jumlah skor 733 yang berarti mutu C (Cukup). Sedangkan dari hasil dan pembahasan terkait kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen maka dapat disimpulkan bahwa penelitian yang dilakukan terhadap Rumah Makan H. Shomad dengan 100 responden adanya hubungan antara kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen dengan hasil p-value uji chi square 0.000. 

Institution Info

UNIVERSITAS MEDIKA SUHERMAN