DETAIL DOCUMENT
STUDI LITERATUR PENDEKATAN CONCRETE PICTORIAL ABSTRACT (CPA) DENGAN MODEL CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURE (CUPs) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Peradaban
Author
MUKAROMAH, Khafatul
Subject
510 Matematika 
Datestamp
2025-03-11 04:48:12 
Abstract :
Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa adalah kemampuan siswa untuk mengkaji ulang suatu konsep, seperti contoh soal yang berupa konsep maupun bukan konsep dan menerapkan konsep-konsep terhadap pemecahan masalah. Namun kenyataanya pemahaman konsep matematis siswa masih sangat rendah. Hal ini dikarenakan masih banyaknya penelitian yang mengungkapkan bahwa masih menerapkan model pembelajaran yang tidak sesuai dengan kondisi belajar siswa dan tidak melibatkan peran aktif siswa. Hal tersebut menjadikan siswa menjadi lebih pasif dalam proses pembelajaran berlangsung, sifat individual siswa masih tinggi, sehingga siswa enggan untuk berkelompok. Salah satu pendekatan dan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa adalah Pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA) dengan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedure (CUPs). Pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA) dengan Model Pembelajaran Conceptual Understanding procedure (CUPs) ini dapat memberikan pengaruh yang positif dalam proses kegiatan pembelajaran dan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA) dan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedure (CUPs). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat studi perpustakaan. 
Institution Info

Universitas Peradaban