Abstract :
Penelitian ini menggunakan Metode Eksperimen Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh Siswa X yang terdiri dari 4 Kelas yang berjumlah 108 orang
Siswa, mulai dari Kelas X.1 sampai dengan X.4, kelas yang dijadikan Sampel
Penelitian adalah Kelas X.I sebagai Kelas Kontrol dan X.2, sebagai Kelas
Eksperimen yang berjumlah 68 Siswa. Tekhnik Sampling yang digunakan adalah
Tehnik Acak sederhana. Sedangkan Tehnik Pengumpulan Data yang digunakan
adalah Tehnik Tes yang berupa Pilihan Ganda (Multiple Choice), dan tehnik analisis
data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah uji t 2 (dua)
pihak. Setelah dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh, dimana dengan
menggunakan uji t 2 (dua) pihak untuk sampel yang berdistribusi normal dan
homogen, di dapatkan informasi bahwa harga t hitungannya 6,89. Sementara harga t
tabelnya 2,00 jadi dengan dasar itu, maka dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel.
Sehingga Ha yang berbunyi Penggunaan Keterampilan Proses lebih berpengaruh
terhadap peningkatan prestasi belajar siswa jika dibandingkan dengan menggunakan
metode konvensional pada siswa Kelas X di MA NW Nurul Ilham Pohgading Timur
Kecamatan Pringgabaya Tahun Pelajaran 2013-2014.
Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini, bahwa ternyata dengan
menggunakan keterampilan proses lebih berpengaruhp jika dibandingkan dengan
pendekatan konvensional di dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.