Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran dalam
meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X MA Putra Rinjani NW Dasan Baru
tahun pelajaran 2013/2014 dengan menggunakan metode eksperimen dengan
desain pre-test dan post-test. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah tes prestasi belajar untuk mengetahui sejauhmana prestasi belajar siswa
dan lembar kuesioner untuk mengetahi tanggapan atau respon siswa terhadap
metode pembelajaran group investigation. Sampel yang digunakan dalam
penelitian ini adalah 48 siswa kelas X.
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis
deksriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh metode
pembelajaran kooperatif group investigation dalam meningkatkan prestasi belajar,
hal ini sesuai dengan hasil analisis menggunakan uji-t yaitu didapat t-hitung =
4,13 sedangkan t-tabel = 2,012, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh
metode pembelajaran kooperatif group investigation dalam meningkatkan prestasi
belajar siswa kelas X MA Putra Rinjani NW Dasan Baru tahun pelajaran
2013/2014. Sedangkan hasil analisis kuesioner didapat 70,83% siswa senang
belajar menggunakan metode pembelajaran kooperatif group investigation
sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa memiliki tanggapan dan respon yang
positif terhadap metode pembelajaran kooperatif group investigation dalam proses
pembelajaran.