Abstract :
Pembelajaran matematika materi sudut sering kali menjadi tantangan bagi
sebagian siswa di tingkat sekolah dasar. Ada banyak materi matematika yang bisa
diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
gambaran kesulitan belajar siswa pada materi sudut dan faktor yang membuat siswa
kesulitan belajar matematika materi sudut.
Jenis penelitian dalam penelitian ini menggunakankan bentuk penelitian
deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa-siswi kelas IV dan guru
matematika kelas IV MI Tarbiyatus Sa?adah serta orang tua dari masing-masing
siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Penulis dalam menganalisis data menggunakan model yang
dikembangkan oleh Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa jenis kesulitan belajar yang
dialami siswa adalah terdiri dari kesulitan membaca dan memahami soal, kesulitan
transformatif dan memproses, serta kesulitan menuliskan jawaban akhir. Ketiga
kesalahan tersebut memiliki gambaran yang berbeda ketika siswa menjawab soal
pertanyaan yang diberikan oleh guru saat pembelajaran dikelas. Sedangkan faktor
yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa terdiri dari faktor internal dan faktor
eksternal. Faktor internal meliputi motivasi, minat, dan rasa percaya diri.
Sedangkan faktor eksternal meliputi faktor lingkungan keluarga dan lingkungan
sekolah.