Abstract :
Penelitian ini didasarkan pada kebutuhan untuk meningkatkan kapasitas pegawai
BKPSDM Kota Bogor dalam upaya mewujudkan pemerintahan yang baik dan
membuat proses pelayanan publik lebih efisien dan efektif di masa mendatang.
Kemampuan untuk beradaptasi sangat penting di tengah globalisasi dan perubahan
cepat dalam dunia kerja. Penelitian ini kemudian mengevaluasi pelaksanaan
kebijakan pengembangan pegawai di BKPSDM Kota Bogor. Untuk menjelaskan
implementasi penelitian, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan
deskriptif, dan informan mereka adalah pejabat pemerintah daerah. Wawancara
mendalam, dokumentasi, dan metode pengumpulan data lainnya juga digunakan.
Salah satu tujuan informan kunci adalah untuk mendapatkan pemahaman yang
lebih mendalam tentang bagaimana menerapkan strategi pengembangan
keterampilan. Selain itu, informasi yang mereka kumpulkan dari pengalaman
mereka memberikan gambaran tentang lingkungan kerja dan interaksi di lapangan.
Tujuan analisis adalah untuk memperoleh data menjadi informasi yang relevan,
mengorganisasikannya ke dalam format yang terstruktur, dan menganalisis pola
yang muncul dari format tersebut. Hasil survei menunjukkan bahwa BKPSDM
Kota Bogor menerapkan kebijakan pengembangan kompetensi staf dengan baik.
Namun, ada beberapa hambatan, seperti kekurangan dana, penolakan untuk
mengikuti perubahan, dan kurangnya kerja sama antar staf lokal. Implementasi
dibantu oleh komitmen kepemimpinan, ketersediaan sumber daya, dan sistem
evaluasi yang baik. Kajian ini memberikan pemahaman tentang bagaimana
kebijakan pengembangan kompetensi diterapkan dan menawarkan rekomendasi
untuk meningkatkan program pengembangan kompetensi pegawai di masa
mendatang.