Institusion
Universitas Sriwijaya
Author
UMI HANDAYANI (STUDENT ID : 06021381419056)
Subadiyono Subadiyono (LECTURER ID : 0025075602)
Kasmansyah Kasmansyah (LECTURER ID : 0016065602)
Subject
LT6-501 Textbooks. Class here textbooks covering several subjects. For textbooks on particular subjects, see the subject in B-Z
Datestamp
2019-07-26 08:00:03
Abstract :
Pengembangan buku teks menulis teks berita dengan pendekatan kontekstual telah dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 40 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan buku teks menulis teks berita dengan pendekatan kontekstual yang valid dan praktis untuk digunakan. Berdasarkan hasil penelitian, siswa dan guru membutuhkan buku teks menulis teks berita untuk membantu siswa belajar secara mandiri, menumbuhkan minat menulis siswa, dan memotivasi siswa melalui buku teks yang menarik dan mudah dipahami. Uji validitas buku teks menulis teks berita dengan pendekatan kontekstual divalidasi oleh tiga pakar yaitu ahli materi/isi, ahli kebahasaan, dan ahli kegrafikaan. Uji validitas oleh ahli materi mendapat skor 15 dari skor maksimal 20 dan dikategorikan baik, uji validitas dari ahli kebahasaan mendapat skor 14 dari skor masksimal 16 dan dikategorikan sangat baik, dan uji validitas oleh ahli kegrafikaan mendapat skor 17 dari skor maksimal 20 dan dikategorikan sangat baik. Berdasarkan hasil validasi tersebut, buku teks menulis teks berita dikategorikan valid. Uji kepraktisan buku teks ini dilihat dari hasil uji kepraktisan oleh 3 siswa melalui uji coba one-to-one yang mendapat nilai dengan skor 34, 37, 36 dari skor maksimal 40. Hal ini menunjukkan bahwa buku teks menulis teks berita dengan pendekatan kontekstual ini praktis digunakan dalam pembelajaran menulis teks berita.